Kaca Sanesipun

Senin, 20 Januari 2014

Baluran, Bercumbu dengan Alam (Part-1): Baluran dan Transportasinya

Kembali bertemu lewat blog ini, kembali melakukan trip cukup melelahkan namun mengasyikkan lagi. Kali ini melalui tulisan 2 part ini akan membahas mengenai Baluran: The Little Africa in East Java. Apasih istimewanya Baluran? Wow, tentu istimewa sekali dan berbeda jauh dengan Blauran. Kalau Blauran itu pusat jualan Lontong Balap di Surabaya (pindahannya Garuda) .____. Pada Part-1 ini, secara khusus akan dibahas mengenai transportasi dari dan ke Baluran, serta transportasi dan akomodasi di Baluran.

Baluran adalah salah satu dari sekian banyak Taman Nasional yang ada di Jawa Timur. Beberapa Taman Nasional yang cukup terkenal di Jatim adalah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang ngetop dan sekarang jadi lebih rusak, Taman Nasional Alas Purwo, dan Taman Nasional Alas Baluran. Baluran terletak di Kabupaten Banyuwangi, lebih kurang 23 km timur pusat Kota Situbondo. Karena terletak persis di jalur Pantura Jawa Timur yang merupakan poros utama Surabaya-Ketapang-Denpasar membuat Baluran menjadi cukup terkenal. Selain terkenal sebagai tempat wisatanya, jalur Pantura Baluran juga cukup terkenal dengan: bajing loncat, jalur gelap, banyak binatang liar, jalur yang cukup sering terjadi kecelakaan, dan jalur yang cukup banyak truk mogok/ngeban. Meskipun demikian, Baluran tidak sehoror, sengeri, semedeni yang dibicarakan banyak orang. Baluran itu: Asyik!

Bagaimana cara ke Baluran?

Untuk menuju ke Baluran, Anda harus punya satu hal ini: NIAT! Karena kalau Anda tidak punya niat, Anda tidak akan pernah bisa berangkat ke Baluran. Sayapun sudah niat sejak 3 bulan yang lalu tapi baru kesampaian sekarang .____.
Untuk mempermudah akses, saya hitung jarak terdekat dan akses termudah adalah dari Surabaya. 

Pakai Kereta Api?

Jika Anda berasal dari Jogja-Solo-Madiun dan sekitarnya, Anda bisa menggunakan KA Ekspress Sritanjung turun di Stasiun Banyuwangi Baru (Ketapang) dengan harga tiket (per 1 Januari 2014) Rp 95.000,00. Berangkat dari Lempuyangan (Jogja) pukul 07.30 dan tiba di Banyuwangi Baru pukul 22.00. Bagi Anda yang membutuhkan akses dari Surabaya, bisa juga naik kereta api Sritanjung ini. Kalau jadwalnya pukul 13.10, tapi kadang molor dan baru berangkat jam 14.00. Dari Surabaya hanya ada 1 kereta yang tujuan akhirnya Banyuwangi Baru, yaitu Sritanjung. Kalau ingin estafet juga bisa: naik penataran ke Malang, nanti sambung ikut KA Tawang Alun Malang-Banyuwangi dengan tiket Rp 35.000-50.000. Berangkat dari Malang siang. Atau mungkin bisa juga ikut KA Logawa sore, turun Jember nanti sambung pakai Probowangi atau Feeder Banyuwangi-Jember, tapi untuk pilihan kedua ini kurang bersahabat karena jadwalnya tidak sinkron. Dari Stasiun Banyuwangi Baru, keluar 300 meter akan bertemu jalan besar dan di seberang langsung terlihat Pelabuhan Ketapang. Dari situ, belok ke kiri dan jalan kaki sejauh 700m-1km dan akan ketemu Terminal Sritanjung Ketapang. Dari sini nanti naik sembarang bis tujuan Situbondo/Surabaya dan turun di depan pintu masuk Baluran. Kondektur biasanya sudah paham ketika kita bilang "Baluran, Pak!" Atau opsi lain, biasanya di terminal ada angkot plat kuning yang bisa langsung mengantarkan ke Baluran. Tapi tarifnya biasanya mahal. Kalau bis mungkin sekitar Rp 6.000-10.000, kalau angkot bisa sampai Rp 20.000,00 per orang. Tergantung skill nego.

Kalau pakai Bus?

Jika dari Bandung atau Jakarta, bisa langsung naik bus tujuan Denpasar seperti Safari Dharma Raya, Lorena, Kramat Djati, Mawar, Langsung Jaya, atau Pahala Kencana. Semua bis itu pasti lewat Baluran. Tapi kalau budget minim saya sarankan estafet pakai bis ekonomi: Jakarta/Bandung-Jogja, Jogja-Surabaya, Surabaya-Probolinggo, Probolinggo-Baluran. Mungkin bisa cuma habis Rp 180.000,00. Kalau beli tiket bis eksekutif rata-rata kena tarif Banyuwangi kalau dari Jakarta/Bandung, sekitar Rp 350.000-400.000. Bisa hemat sampai 50%nya.  Intinya, nanti cari bis ke Surabaya dulu. Pilih terminal Surabaya Bungurasih, karena Surabaya punya 2 terminal besar. Sampai di terminal Bungurasih Surabaya, langsung naik bis jurusan probolinggo-jember. Kurang disarankan naik langsung bis tujuan Ketapang karena nanti bisa kena oper, kecuali ikut bis yang dari Madura tujuan Muncar (Biasanya dari Bungurasih pukul 23.00-01.00). Mending naik bis tujuan Jember/Ketapang, tapi bilangnya turun Probolinggo dulu. Nanti bisa pindah bis depannya karena biasanya ngetem di Probolinggonya lama. Bisa pilih melanjutkan pakai Patas AC atau pakai bis ekonomi. Jika pakai Patas AC, Surabaya-Probolinggo kena tarif Rp 27.000. Kalau ekonomi Rp 16.000-20.000. Waktu tempuhnya lebih cepat Patas AC, rata-rata 1,5-2 jam. Kalau Ekonomi waktu tempuhnya 2-2,5 jam. Dari Probolinggo bisa pindah bis jurusan Ketapang. Karakteristik bis-bis Surabaya ke timur hobi ngoper penumpang. Kalau Anda tidak yakin bis yg Anda naiki sampai Ketapang, beli tiket Besuki/Situbondo dulu saja. Karena kalau dioper, biasanya Anda dikenakan biaya tambahan Rp 1000-5000. Kalau Anda ingin yang langsung, naik bis AKAS 4 yang berwarna abu-abu atau Sandy Putra. Kedua bis ekonomi ini pasti sampai Ketapang. Atau jika ingin borjuis dikit, naik Patas AC Probolinggo-Ketapang. Itu pasti sampai dan gak dioper, tapi lebih mahal. Untuk Probolinggo-Baluran, bis ekonomi dikenakan tarif Rp 28.000 dan Patas AC sekitar Rp 35.000-40.000. Atau jika Anda ingin langsungan dari Surabaya, naik bis-bis jurusan Madura-Ketapang-Muncar (Banyuwangi) yang standby di Bungurasih pukul 23.00-01.00. Tarifnya biasanya Rp 45.000 sampai Baluran. Sampai di Baluran lebih kurang jam 04.00-06.30.

Kalau pakai bus, intinya siap di-PHP lah. Memang secara sistem tidak sebaik bis-bis Surabaya-Jogjaan yang selalu ada 24 jam tiap 10 menit sekali. Bis-bis Probolinggo-Ketapang kadang baru ada 45 menit sekali. Terutama nanti kalau nyegat pas pulangnya. Sekali ada bis lewat lalu diabaikan, ya nunggu 45 menit-1 jam lagi baru ada bis.

Transportasi di dalam Balurannya gimana?

Baluran sendiri sangat luas. Luas sekali. Total luasnya mencapai 25.000 Hektar. Jadi, merupakan suatu kemustahilan kalau Anda mau menjelajahi Baluran dengan berjalan kaki. Spot paling terkenal di Baluran adalah petak Bekol dan Pantai Bama. Kalau Anda memang ingin mengunjungi kedua tempat ini, aksesnya cukup mudah karena tinggal ikut jalur setelah pintu masuk ke Baluran. Ada 2 objek lain: Pantai Bilik-Sijile, tapi aksesnya cukup susah karena harus lewat Karangtekok (perbatasan Situbondo-Banyuwangi). Kalau Anda ingin ke petak Bekol dan Pantai Bama, ada beberapa pilihan transportasi: mobil, ojek, atau sewa sepeda motor. Memang pilihan paling bagus sih bawa motor sendiri. Tapi apa ya kalau rumahnya di Jakarta harus bawa sepeda motor dari Jakarta .____.
Untuk sewa ojek, tarifnya Rp 40.000 sekali antar (maksimal sampai Pantai Bama). Kalau antar jemput dari Bama ke Batangan (pintu masuk Baluran) pulang-pergi per orang dikenakan Rp 80.000. Itu untuk satu orang. Kurang bersahabat memang harganya. Kalau sewa mobil, sekali antar Rp 150.000. Kalau jumlah orang lebih dari 4, mendingan sewa mobil lebih murah. Ada lagi yang lebih murah: sewa sepeda motor. Biasanya pemuda-pemuda sekitar Baluran berkumpul di pos jaga pintu masuk. Dan biasanya mereka juga mau menyewakan sepeda motornya Rp 100.000 per sepeda motor, sudah termasuk bensinnya, dan bisa pakai semaunya dan sepuasnya. Ini adalah pilihan paling bersahabat buat para backpackers. Tapi jangan harap bisa dapat sepeda motor trail atau yang bagus-bagus. Yang penting bisa jalan.

Itulah sekilas mengenai transportasi ke Baluran. Jika memang tertarik konsultasi transportasi secara lebih mendalam dan perencanaan yang hemat, bisa menghubungi saya lewat FB atau Twitter. Selanjutnya? Akan kita bahas mengenai 'Apa Aja Sih di Baluran?'

22 komentar:

  1. Makasih mas. Infonya sangat membantu. Kebetulan akhir Agustus saya mau kesana. Semoga rumput-rumputnya warna kuning. Thanks sekali lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba/mas kapan ngetrip kesana?sy tanggal 28/29 agst ini ngetrip kemana juga.mungkin bisa bareng n sharing cost.thx

      Hapus
  2. Thank you infonya mas. Akhirnya nemu postingan soal transportasi di baluran. Thanks. Semoga pertengahan agustus bisa ngtrip kesan.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. bisa hubungi kami: GO Trans: 082244659986 / Pin BBM: 2B0A24E3.
    makasih. @

    BalasHapus
  5. Ijin bookmark..thanks mas infonya

    BalasHapus
  6. sebelumnya terima kasih telah memberikan arahan ke lokasi, oh ya untuk masuk baluran dan sampai ke pantai bama apakah bisa menggunakan mobil pribadi atau pas masuk ke lokasi TN baluran kendaraan harus berhenti dan harus menyewa atau sejenisnya?

    Trims salam blogger indonesia

    BalasHapus
  7. Terima kasih Mas Agug Fauzi telah menyempatkan membaca tulisan ini.

    Untuk masuk ke baluran, mobil pribadi bisa mencapai Pantai Bama, baik mobil pribadi atau sejenis ELF bisa sampai pantai Bama. Sebaiknya sejak dari gerbang masuk sampai savana Bekol jika membawa kendaraan pribadi, sebaiknya jalan pelan-pelan karena kadang disitu akan terdapat banyak kenampakan hewan liar sejenis Merak Hijau, ayam hutan, bahkan beberapa jenis burung seperti Elang kadang bersliweran di udara.

    Lebih oke lagi jalan kaki, tapi menuju ke Bama harus menempuh jarak 15 kilometer.

    Sekian jawaban dari saya, semoga mencerahkan

    BalasHapus
  8. mas, mau tanya..kalau dari pintu masuknya baluran mau naik bis balik ke surabaya bisa ga ya? makasihh

    BalasHapus
  9. Bisa mas, karena pintu masuk Baluran berada persis di jalur utama Probolinggo-Ketapang-Bali...Trayek yang tersedia adalah trayek bis Surabaya-Probolinggo-Ketapang (Banyuwangi), Situbondo-Banyuwangi-Muncar, Surabaya-Denpasar, Madura-Surabaya-Probolinggo-Ketapang-Muncar, Madura-Surabaya-Ketapang-Banyuwangi, dan sebaliknya...Jadi kalau mau ke surabaya tinggal nyegat bis di depan pintu masuk aja, 24 jam tersedia...

    BalasHapus
  10. artikelnya keren gan...apabila ada kebutuhan armada open link : www.promoisuzusurabaya.com

    BalasHapus
  11. halo, kira-kira ada yang mau ngetrip ke baluran dan kawah ijen ga ya pertegahan agustus ini ..? mau rencana sharing cost.

    BalasHapus
  12. Evi : saya ada rencana trip ke kawah ijen dan baluran esok lusa tgl 14 agustus. Mau join?
    Saya besok ke bali dari bali ke gilimanuk nyebrang menuju ketapang baru ke baluran dan ke kawah ijen.

    BalasHapus
  13. Sangat membantu artikel dan koment2 nya guys.. Rencana saya mau ke bromo dr jakarta 24-27 des dgn tour, tp mau lanjut sendiri ke baluran dan ijet kl memungkinkan, krn jalur utama ke bali, rencana lanjut ksana jg.. Thanks guys

    BalasHapus
  14. NONTON ONLINE TERKINI

    Nonton Online Terkini

    NONTON ONLINE TERKINI

    BalasHapus
  15. Bos klo bawa motor dari surabaya tapi di naikkan keereta api bisa g ya

    BalasHapus
  16. Jatuhnya lebih mahal mas, karena sepeda motor sekarang dihitung sebagai cargo dan harus menggunakan jasa pengiriman barang

    BalasHapus
  17. Mas, untuk ke dalam balurannya sendiri sprti pantai bama dan savananya, kira2 ada tidak pihak travel yg menyediakan tour itu? Lalu, di dalam baluran apakah ada penginapan?

    BalasHapus
  18. Dari Banyuwangi dan Surabaya ada banyak Mas. Tour kecil2an yang menyelenggarakan opentrip dari Rp 300.000-500.000 ada semua. Kalau ingin lebih hemat, ngetrip sendiri ke Baluran (lokasinya dapat dijangkau dengan bis Surabaya-Situbondo-Banyuwangi), di lokasi bisa sewa motor di pos satpamnya.

    BalasHapus
  19. saya dari malaysia, kalau saya dari airport surabaya, mau pergi titik tinjau T12 baluran, transport apa yang sesuai?kalau kereta api dari stesen mana dan turun di stesen mana ya?makasih..

    BalasHapus