Kaca Sanesipun

Selasa, 01 Agustus 2017

BALI MAHAL??? Yuk Backpacker ke Bali! (Part 1: Transportasi Masuk ke Bali)

Guys, ke Bali bisa naik apa aja sih guys??

Mau naik bis, bisa banget
Naik pesawat, juga bisa, ada bandara internasional vroh
Naik kapal, juga bisa klo ngana kuat (maap ye, buat ini raga sing ada informasi (saya gak ada informasi) karena belum pernah naik kapal ke Bali :D)
Naik kereta? Weeiiitt sing ngidaaaang (gak bisaaaa), Bali gak ada rel kereta yak

Oke, kita bahas satu-satu


Sub Bagian 1: Naik Bis

Ada banyak bis menuju Bali. Beda tarif, beda fasilitas gan. Berikut nama PO dan asal keberangkatan:

PO Wisata Komodo: Yogyakarta-Denpasar, Purwokerto-Denpasar, Surabaya-Denpasar, dan Surabaya-Singaraja (Bali Utara)
PO Restu Mulya: Madura-Denpasar, Bojonegoro-Lamongan-Denpasar, Surabaya-Denpasar, Trenggalek-Malang-Denpasar, Yogya-Solo-Denpasar, Malang-Padang Bai (Bali Timur)
PO Gunung Harta: Yogyakarta-Solo-Denpasar, Semarang-Solo-Denpasar, Kediri-Denpasar, Ponorogo-Denpasar, Trenggalek-Blitar-Malang-Denpasar, Malang-Denpasar, Magetan-Denpasar, Madura-Denpasar, Surabaya-Denpasar, Lumajang-Jember-Denpasar, Jember-Denpasar
PO Setiawan: Kediri-Mojokerto-Denpasar, Magetan-Denpasar-Padang Bai, Ponorogo-Trenggalek-Malang-Denpasar, Madura-Surabaya-Denpasar, Bojonegoro-Lamongan-Denpasar 
PO Pahala Kencana: Bandung-Denpasar (Via Utara dan Selatan), Jakarta-Denpasar, Jogja-Solo-Denpasar, Semarang-Solo-Denpasar, Malang-Denpasar, Surabaya-Denpasar (Non aktif)
PO Kramat Djati: Bandung-Denpasar, Jakarta-Denpasar
PO Safari Dharma Raya: Temanggung-Jogja-Denpasar, Semarang-Solo-Denpasar, Jakarta-Denpasar-Bima (NTB)
PO Sedya Mulya: Wonogiri-Solo-Denpasar
PO Tami Jaya: Yogyakarta-Denpasar-Padang Bai
PO MJCM: Semarang-Kudus-Denpasar
PO Bejeu: Jepara-Kudus-Denpasar
PO Surya Bali: Jepara-Kudus-Denpasar
PO Santoso (orange): Malang-Denpasar, Surabaya-Denpasar
PO Medali Mas: Malang-Denpasar, Surabaya-Denpasar
PO AKAS Group: Malang-Denpasar, Surabaya-Denpasar, Probolinggo-Situbondo-Denpasar, Jember-Denpasar (yang rutin jalan hanya AKAS IV, AKAS NR, AKAS ASRI)
PO Al Mubarok: Kediri-Batu-Malang-Denpasar (non aktif)
PO Midas Nusantara: Batu-Malang-Denpasar
PO Tiara Mas, Titian Mas, Dunia Mas, Langsung Jaya: Jakarta-Surabaya-Denpasar-Mataram (Sumbawa-Bima)
PO Sarika Ekspress, Madjoe Group, Handoyo: Surabaya-Denpasar (Sarika masih jalan, Handoyo lama tidak kelihatan) 
PO CWM Trans: Surabaya-Probolinggo-Jember-Banyuwangi (Kota)-Denpasar
PO DAMRI: Jember-Denpasar, Surabaya-Denpasar, Malang-Denpasar
PO MTrans: Ponorogo-Trenggalek-Blitar-Malang-Denpasar
PO Malang Indah: Malang-Denpasar (Satu-satunya PO yang menyediakan bis Ekonomi dari Malang dengan tarif 100an ribu rupiah)
Dan lain sebagainya (untuk rute saya kurang update, mohon dibantu koreksi yak)

Banyak kan pilihan transport bisnya, dan tarifnya juga beragam. Yang perlu jadi catatan adalah ingat! terminal di Bali sekarang ada 2, yaitu Ubung dan Mengwi. Untuk keberangkatan dari barat, harap hati-hati. Jika tiba di Bali masih gelap (sebelum subuh, subuh disini jam 05.30 WITA), Anda masih bisa turun di Terminal Ubung, DENPASAR. Tapi, jika sudah siang dan kebetulan bis yang Anda tumpangi tidak punya trayek ke Mataram, Padang Bai, atau NTB, maka besar kemungkinan Anda akan diturunkan di Terminal Mengwi, KABUPATEN TABANAN. Sebelum membeli tiket, tanyakan satu hal: bisa turun di Ubung nggak?

Jika kebetulan Anda turun di Ubung, enak sudah. Banyak opsi angkutan disana. Jika turun di Mengwi, siap-siap saja karena dari Mengwi untuk pergi ke Ubung Anda harus menggunakan APV (tarif beragam, ada yang kena Rp 15.000, ada yang kena Rp 50.000). Sebenarnya Anda bisa langsung ke Kuta dari Mengwi, tetapi tarif harus menawar dulu. Kan ada Trans Sarbagita?? Yak benar, tapi jam berangkatnya tidak jelas dan terkesan ogah-ogahan. Biasanya, bis akan dirazia di Mengwi, semua penumpang harus turun (untuk mengakali, biasanya beberapa bis tidak masuk terminal Mengwi). Makanya, pastikan bahwa Anda bisa turun di Ubung sebelum berangkat!

Ada beberapa bis yang bisa membuat Anda bisa turun di terminal Ubung atau bahkan di tengah kota Denpasar. Berikut listnya (tapi ini tidak jaminan ya, cuma selama saya naik, selalu bisa turun di Ubung, jika ada koreksi, boleh PM saya)

Bis yang punya trayek ke Padang Bai dan Mataram
Tami Jaya, Wisata Komodo, Safari Dharma Raya, Restu Mulya, Gunung Harta, Setiawan

Bis yang punya garasi sekitar Ubung (bilang aja ke kru turun garasi)
Wisata Komodo (Jl Pidada X, belakang terminal ubung), Setiawan, Safari Dharma Raya, Santoso, Medali Mas, Midas Nusantara

Bis yang punya garasi di pusat kota Denpasar (Bilang juga turun garasi Kawe, atau Mahendradatta)
Restu Mulya (Jl Pulau Kawe, dekat dengan Jl Teuku Umar), MTrans (Jl Gurita, Denpasar)

Kalau nggak, naik bis mini jurusan Gilimanuk-Denpasar, jaminan masuk Ubung

INGAT! Kalau naik bis, pastikan turun di Ubung. Setelah dari Ubung, mau naik apa?? Nanti dibahas di part 2 yakk...

Sub Bagian 2: Naik Pesawat

Naik Pesawat...wiihh borjuis...nggak sih, penerbangan Jakarta-Denpasar sama Jogja-Denpasar yang Rp 400-500 ribu juga banyak kok..

Yak, Bandara di Bali cuma satu, yaitu Bandara Internasional Ngurah Rai. Yup, mungkin ini salah satu dari beberapa bandara tersibuk di Indonesia yak. Dari Ngurah Rai ini datang pesawat dari segala tujuan dan segala penjuru dunia. Nyaris semua maskapai punya rute ke Denpasar ini. Bahkan beberapa maskapai menjadikan Ngurah Rai ini sebagai hub untuk keberangkatan ke Indonesia Bagian Timur selain Makassar (UPG).

Ane rasa gak akan ada kerumitan ya, kecuali nanti Bandara Bali Utara jadi dibangun (wetseh, ini bandara keren, katanya mau dibikinin pulau reklamasi di pantai utara Bali)

CUMA INGAT!! Bandara Ngurah Rai (DPS) ini terletak di daerah Selatan Bali. Yak, lebih tepatnya Kabupaten Badung. Jadi.....agak jauh klo mau ke pusat kota Denpasar, tetapi dekat kalau mau ke Kuta, Jimbaran, Uluwatu, Dst-Dst (Pun dengan ada tol, dari Ngurah Rai ke Renon butuh lebih dari 35 menit, apalagi kalau macet).
Perlu DIINGAT LAGI!! Bahwa sekitar Bandara ini macet, so rencanakan trip kalian dengan matang supaya gak ketinggalan pesawat!!

Sub Bagian 3: Naik Kereta

Lhooo katanya gak bisa???
Okesip, banyak yang mencoba cara ini, dan hasilnya ternyata cukup mengejar tarif bis juga (bis ekonomi sekalipun)

Caranyaa??? Naik kereta sampai Banyuwangi, sambung kapal, sambung naik bis Gilimanuk-Ubung
Atau, coba searching tiket Surabaya-Denpasar di website KAI atau aplikasi KAI, akan ada KA Mutiara Timur Malam (Sby-Bwi pakai kereta, bwi-dps pakai bis).

Soooo, jelas yak ke Bali naik apa aja?? Yang murah yang mana??? Ya sampeyan bisa browsing sendiri. Tidak selamanya naik bis lebih murah. Tidak selamanya naik kereta lebih murah. Kadang naik pesawat bisa free (cari promo deh, pasti ada)

SELAMAT BERPETUALANG -lanjut part 2 yakk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar