Kaca Sanesipun

Senin, 07 Maret 2011

Bossanova Jawa

Bossanova. Siapa yang tidak kenal dengan Bossanova? Bossanova merupakan aliran musik, yang tenang mendayu, seperti Jazz. Bila tidak ingin bersusah payah menerka musiknya, bisa melihat acara mantenan dengan lagu-lagu mendayu dan vokal yang agak bulat. Biasanya diputarkan ketika makan (standing party) dan mungkin acara dansa. Seperti itulah lebih kurang alunan musiknya. 
Bossanova Jawa? Apa itu? tentu belum banyak yang mengetahui dan mendengarnya. Musiknya memang bossanova. Tapi, lagu yang dibawakan merupakan lagu-lagu Jawa. Seperti misalnya lagu Kuncung ciptaan Didi Kempot, pemusik legendaris dari Solo. Kuncung, pada versi aslinya merupakan lagu yang cukup nge-beat. DIbawakan dalam nada keroncong kontemporer yang asyik dan rame. Tapi, dalam Bossanova Jawa ini dibawakan dalam nada bossanova yang kalem dan mendayu. Komposisi irama dan syair benar-benar pas dalam Bossanova Jawa ini. Menambah kesakralan makna lagu. Begitu juga lagu hits jawa lain yang dibawakan Bossanova Jawa, antara lain bocah ndeso, kusumaning ati karya Manthous, dan Gethuk karya Waldjinah.
Keroncong biasanya identik dengan lagu ngantuk. Lagu Jawa identik dengan lagu kuno, jadul, lagunya orang-orang tua yang kolot. Maka, dengan mendengarkan Bossanova Jawa ini, image hits jawa akan seutuhnya berubah dari kolot menjadi musik modern yang indah, syahdu, dan mendayu kalem. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar