Kaca Sanesipun

Kamis, 22 Januari 2015

Tambah Kolesterol di Konro Karebosi

Pernah makan iga goreng atau bakar? Sejenis Leko, Teko, atau mungkin Iga Bakar Jl Kaliurang jika Anda berada di Jogja? Konro, adalah makanan sejenis karena terbuat dari iga sapi. Konro sendiri diartikan sebagai iga sapi. Makassar punya cara tersendiri dalam menyajikannya.




Jika Anda sudah mendarat di Makassar, kemudian bertanya Konro mana yang terkenal lezat dan mantab? Mungkin hampir semua orang jawabannya sama, Konro Karebosi. Konro Karebosi ini spesial menunya adalah Sup Konro dan Konro Bakar. Saking terkenalnya, kabarnya Konro Karebosi ini sampai membuka cabang di Jakarta. Di Makassar, Konro Karebosi ini berlokasi di Jl Gunung Lompobattang No. 41, 500 meter dari Lapangan Karebosi. Dulu awalnya warung ini berada di Lapangan Karebosi. Tetapi, seiring berjalannya waktu berpindah sampai menempati lokasi permanen di tempat saat ini.

Sup Konronya dibuat dengan kuah kaldu yang cukup kental, tapi masih jauh kental Sop Sumsum Tulang Al-Ghazali Sampang Madura. Daging konronya sangat empuk sekali, bahkan sampai tulang-tulang rawannya bisa dimakan tanpa kesulitan. Bumbu rempah-rempahnya meresap cukup dalam ke dalam daging konro. Citarasa dari Sup Konro ini adalah asin, dengan sedikit sekali sentuhan manis. Jika Anda orang normal, satu porsi Sup Konro bisa dipakai berdua. Tetapi, kurang mantab jika hanya makan separuh.
Seporsi Sup Konro

Konro Bakarnya punya citarasa yang berbeda sekali. Jika Sup Konro asin, maka Konro Bakar lebih cenderung ke arah manis. Secara kuantitas, Konro Bakar lebih sedikit daripada Sup Konro. Dagingnya pun jauh lebih lunak Sup Konro. Tapi, sama sekali tidak mengurangi citarasanya. Disajikan dengan saus kacang, seperti Sate Madura. Dimakan bersama nasi, menghasilkan cita rasa yang sangat lezat.
Seporsi Konro Bakar


Jika membeli, kemudian melihat porsinya sepertinya sangat banyak, jangan terteror dulu karena bisa jadi tulang iga membuat porsinya ‘seolah-olah’ banyak, walaupun aslinya dagingnya juga banyak. Masalah harga? Hampir sama dengan di Jawa. Seporsi Konro Bakar dijual seharga Rp 39.000,00 dan seporsi Sup Konro seharga Rp 35.000,00. Jika ingin sensasi lebih, belilah Sup Konro. Meskipun kolesterol naik sedikit, tetapi dijamin puas!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar